Luncurkan Chromebook, Google Gandeng Samsung & Acer

SAN FRANCISCO - Google memperkenalkan notebook berbasis Chrome OS pada hari kedua event Google I/O di San Francisco. Bekerjasama dengan Samsung dan Acer, perangkat ini akan mulai dijual di tujuh negara pada 15 Juni mendatang.

"Kurang lebih dua tahun lalu kami bertekad untuk membuat komputer yang jauh lebih baik. Hari ini, kami mengumumkan Chromebook pertama dari partner kami, Samsung dan Acer. Ini bukanlah notebook biasa," ujar Senior Vice President Chrome Sundar Pichai seperti dikutip Telegraph, Jumat (13/5/2011).

Chromebook buatan Samsung memiliki ukuran layar 12,1 inci dan sudah mendukung 3G dan Wi-Fi. Model Wi-Fi akan dibanderol USD429, sementara model 3G dihargai USD499. Sementara, Chromebook buatan Acer memiliki ukuran layar lebih kecil, yakni 11,6 inci. Chromebook ini akan dijual dengan harga USD399.

Kedua Chromebook dipersenjatai prosesor dual-core Atom dari Intel sebagai dapur pacunya. Lebih lanjut, Google mengklaim jika Chromebook hanya membutuhkan waktu sekira 8 detik untuk proses boot.

Hampir seluruh fungsi Chrome OS bisa dinikmati pengguna Chromebook jika terhubung dengan internet. "Semua data bisa disimpan di web. Saya bisa melemparkan Chromebook ke sungai dan tidak akan kehilangan data-data saya. Anda tidak perlu proteksi virus ataupun update yang menyebalkan," lanjut Pichai.

Meski begitu, Pichai menambahkan, nantinya Google akan menambahkan dukungan offline untuk layanan seperti Gmail, Cal dan Docs.

Selain itu, Google juga mengumumkan paket berlangganan yang bisa digunakan pelajar maupun pelaku bisnis. Dengan paket ini, mereka bisa menyewa Chromebook, lengkap dengan software-nya, dengan harga USD20 dan USD28 per bulan.

news.id.msn.com/okezone