Microsoft Beli Skype Seharga USD8,5 Miliar

CALIFORNIA - Microsoft akhirnya resmi membeli Skype seharga USD8,5 miliar. Sebelumnya sudah ada banyak pihak yang berusaha mendapatkan Skype, antara lain Facebook dan Google.

Setelah CEO Microsoft Steve Ballmer dan CEO Skype Tony Bates mengumumkan secara resmi akuisisi tersebut, banyak yang berharap besar akan akuisisi ini. Demikian seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (11/5/2011).

Setelah memisahkan diri dari eBay pada tahun 2009, sudah jelas bahwa jalur Skype menuju Initial Public Offering (IPO) sudah cukup baik. Semenjak itu banyak pihak mulai melakukan penawaran, hingga akhirnya pilihan jatuh ke tangan Microsoft.

Skype sendiri merupakan layanan voice berbasis internet protocol (VoIP). Layanan ini memang mengundang banyak perusahaan besar, karena layanan VoIP diprediksi akan booming di masa depan.

Sebelumnya salah satu sumber mengatakan bahwa Facebook akan membeli Skype dengan harga berkisar USD3 miliar sampai USD4 miliar.

Lalu raksasa internet Google juga dilaporkan tertarik bekerja sama ataupun mengakuisisi layanan telepon berbasis internet itu.