28 Okt 2011

Kekraetifan Manusia, Becak Dengan Pintu Bahan Kertas


Meguru: becak ramah lingkungan dengan pintu dari bahan kertas

Sudah lama menjadi perdebatan bahwa semua mobil ramah lingkungan sebenarnya tidak benar-benar ramah lingkungan karena sebagian besar material yang digunakan tetap atau kurang ramah lingkungan.

Meguru adalah sebuah mobil listrik (lebih tepatnya becak/ bajaj sih menurut kami) yang tidak hanya ramah lingkungan dari segi pemakaian tetapi juga memperhatikan material yang digunakan dan tetap mencoba untuk mengkombinasikan kebudayaan Jepang.
Dari segi mesin, Meguru bisa berjalan sejauh 40 km dengan sekali isi ulang yang butuh waktu sekitar 2 jam dan mempunyai kecepatan maksimum mencapai 40 km/ jam.
Dari segi disain, lantai Meguru dibuat dari bambu (bamboo) yang ramah lingkungan sedangkan pintunya terbuat dari bahan kertas tradisional Jepang yang disebut dengan "washi" tetapi untuk bodinya masih dari besi.
Meguru yang dibuat oleh odogawa Group and Kinki Knives Industries Corporation, Osaka berharap bahwa Meguru bisa menjadi kendaraan umum yang digunakan di kota-kota tradisional seperti di Kyoto dan Nara.
Meguru sendiri dijual dengan harga 1.000.000 Yen (sekitar Rp. 100 jutaan).
 
Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....