Cari

Memuat...

Daftar Isi Blog





5 Jul 2011

Konsep Airbus / Pesawat Transparan


Widescreen: Airbus memperkenalkan pesawat transparan


Airbus telah meluncurkan konsep futuristik untukpesawat transparan yang dapat transportasi udarasehari-hari di tahun 2050. Dengan yang tembuskabin pesawat, penumpang masa depan akanmendapatkan jendela pada dunia saat mereka terbang di langit. Mereka akan dapat melihat segala sesuatu ke samping dan di depan mereka.


Kabin Konsep diresmikan di Royal Observatory di Greenwich, London, akan menjadi struktur bionikyang 'meniru' efisiensi dari tulang burung,mengklaim perusahaan.


Ini akan memberikan kekuatan di mana diperlukan,dan juga memungkinkan untuk membran dinding kabin yang cerdas ', yang mengendalikan suhu udara dan dapat menjadi transparan untuk memberikan penumpang terbuka, pemandangan panorama.


Perusahaan percaya bahwa pertengahan abad kepenumpang mungkin bisa menikmati permainangolf virtual atau mengambil bagian dalamkonferensi interaktif, sedangkan kabin'mengidentifikasi dan merespon' kebutuhanwisatawan.


Dalam 'zona interaktif' ada adalah secara virtualpop-up proyeksi membawa penumpang ke manaadegan sosial yang mereka ingin berada dalam,dari game hologram untuk ruang ganti virtual untukpembeli aktif.

'Pintar zona teknologi' adalah disesuaikan terhadap penumpang lebih fungsional berorientasidengan apa Airbus menggambarkan sebagai 'korban bunglon-gaya. "Hal ini bertujuan untukmemenuhi kebutuhan individu mulai dari yang sederhana ke layanan mewah yang lengkap, tetapi semua yang memungkinkan 'Anda untuk terushidup seolah-olah di tanah'.

"Penelitian kami menunjukkan bahwa penumpang2050 akan mengharapkan pengalaman perjalananyang mulus sementara juga merawat lingkungan,"dikutip Daily Mail Airbus rekayasa eksekutif wakilpresiden Charles Champion mengatakan.

"Kabin dirancang dengan konsep itu dalam pikiran, dan menunjukkan bahwa perjalanan dapat sebanyak perjalanan penemuan sebagai tujuan,"tambahnya.
http://id.berita.yahoo.com/

Lorong Waktu yang Menggemparkan

Misteri peristiwa yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan yang membuat gempar adalah nasib mujur kemunculan kembali korban Kapal Laut Titanic yang masih hidup.

Dua orang korban musibah Kapal Titanic pada tahun 1912, tiba-tiba muncul dalam keadaan masih hidup. Secara fisik mereka tidak berubah persis seperti semula. Teori lorong waktu telah menjawabnya.
Di antara kedua korban yang beruntung ini, yang satu adalah seorang penumpang wanita yang ditemukan pada tahun 1990, dan lainnya lagi adalah seorang kapten kapal Titanic yang ditemukan pada tahun 1991.

Kapten kapal Smith ditemukan pada tanggal 9 Agustus 1991, setahun setelah ditemukannya seorang korban yang beruntung bernama Wenny Kathe, dia diselamatkan dari atas gunung es. Selama berpuluh-puluh tahun hanyut terapung-apung di atas lautan, namun tidak membuatnya kelihatan tua dan lemah, Kapten Smith yang meskipun telah berusia 139 tahun, namun masih tampak seperti orang yang berusia 60 tahun lebih, dan bahkan dia masih menganggap bahwa saat itu adalah masa-masa sekitar tenggelamnya Kapal Titanic pada tanggal 15 April 1912.

Melalui identifikasi sidik jari yang masih tersimpan dalam catatan pelayaran laut, maka bisa dipastikan identitas Kapten Smith.

Seorang lagi korban musibah Kapal Titanic, Wenny Kathe yang berusia 29 tahun diselamatkan di atas gumpalan es Samudera Atlantik Utara pada tanggal 24 September 1990.

Namun yang membuat orang terkejut adalah sejak dia hilang pada tahun 1912 hingga sekarang, tidak terlihat tanda-tanda tua sedikitpun juga.

Dia ditemukan dan diselamatkan di atas gumpalan es 363 km barat daya Islandia. Kantor pelayaran telah menemukan daftar nama penumpang Kapal Titanic dan menegaskan keaslian identitas dirinya.

Smith, kapten kapal Titanic dan penumpangnya Wenny Kathe adalah saksi hidup orang hilang yang muncul kembali melalui lintasan lorong waktu.

Oleh karena mereka menghilang dan muncul kembali secara misterius, maka hal ini sangat menarik perhatian orang banyak.

Ilmuwan Amerika Ado Snandick berpendapat, mata manusia tidak bisa melihat keberadaan suatu benda dalam ruang lain, itulah obyektifitas keberadaan lorong waktu.

Dalam sejarah, orang, kapal-kapal, pesawat terbang dan lain-lain sebagainya yang hilang secara misterius seperti yang sering kita dengar di perairan Segitiga Bermuda, sebenarnya adalah masuk ke dalam lorong waktu yang misterius ini.

Dalam penyelidikannya terhadap lorong waktu, John Buckally mengemukakan teori hipotesanya sebagai berikut.

Pertama, obyektifitas keberadaan lorong waktu adalah bersifat kematerialan, tidak terlihat, tidak dapat disentuh, tertutup untuk dunia fana kehidupan umat manusia, namun tidak mutlak, karena terkadang ia akan membukanya.

Kedua, lorong waktu dengan dunia manusia bukanlah suatu sistem waktu, setelah memasuki seperangkat sistem waktu, ada kemungkinan kembali ke masa lalu yang sangat jauh, atau memasuki masa depan, karena di dalam lorong waktu tersebut, waktu dapat bersifat searah maupun berlawanan arah, bisa bergerak lurus juga bisa berbalik, dan bahkan bisa diam membeku.

Ketiga, terhadap dunia fana (ruang fisik kita) di bumi, jika memasuki lorong waktu, berarti hilang secara misterius, dan jika keluar dari lorong waktu itu, maka artinya adalah muncul lagi secara misterius.

Disebabkan lorong waktu dan bumi bukan merupakan sebuah sistem waktu, dan karena waktu bisa diam membeku, maka meskipun telah hilang selama 3 tahun, 5 tahun, bahkan 30 atau 50 tahun, waktunya sama seperti dengan satu atau setengah hari.

Dalam ajaran Buddha terdapat satu bait penuturan: “Bagaikan sehari di kahyangan, tapi rasanya sudah ribuan tahun lamanya di bumi, tampaknya memiliki makna kebenaran yang sangat dalam.

Nyamuk Suka Aroma Tubuh Peminum Bir

Suka minum bir? Jangan heran jika nyamuk-nyamuk sering menempel di tubuh Anda. Itu karena menurut hasil temuan dari tim di Pusat penelitian IRD, Montpellier, Perancis, orang yang mengonsumsi setengah liter atau dua botol bir, 15 persen lebih banyak dihinggapi nyamuk.

Para peneliti percaya bahwa nyamuk tertarik pada perubahan bau badan dan napas yang disebabkan oleh alkohol. Mereka menambahkan, bahwa nyamuk bisa kecanduan aroma bir sehingga meningkatkan frekuensi gigitan pada tubuh peminum.

Seperti dilansir dari Daily Mail, mereka menguji teori mereka terhadap 2.500 nyamuk Anopheles Gambiae Si Burkina Faso, di Afrika Barat. Tim juga melibatkan 25 sukarelawan yang berusia 20 hingga 40 tahun. Mereka memberikan responden bir lokal, sebelum melihat berapa banyak nyamuk yang terbang melawan arah angin ke sukarelawan.

Serangga tersebut lalu dimasukkan ke kotak arah angin dan diberikan pilihan untuk terbang menuju perangkap. Pilihannya adalah udara terbuka, atau bau badan sukarelawan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal Plos One ini menemukan, 65 persen nyamuk tergoda untuk terbang ke arah sukarelawan. Hal ini dibandingkan sebelum sukarelawan meminum bir, nyamuk yang menghampiri hanya berjumlah 50 persen.

Tim peneliti berharap temuan mereka dapat membantu pencegahan penyakit malaria yang telah memakan korban 780 ribu orang di seluruh dunia.

Pengguna Lansia Dorong Pertumbuhan Facebook

LONDON - Pertumbuhan pesat Facebook selama dua bulan terakhir disinyalir tidak lepas dari peran pengguna lansia, atau mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Setidaknya itu terjadi wilayah Inggris Raya.

Demikian hasil pengamatan terbaru UKOM/Nielsen yang dilaporkan Mad.co.uk, Selasa (28/6/2011). Nielsen mencatat jumlah pengunjung paruh baya jejaring sosial raksasa itu meningkat signifikan dalam kurun dua tahun terakhir. Sejak 2009 lalu, pengunjung Facebook berusia 50 hingga 64 tahun tumbuh hingga 84 persen.

Pertumbuhan pengunjung lansia ini berperan besar mendorong Facebook sebagai situs yang paling sering dikunjungi kedua di Inggris. Berdasarkan data Nielsen, sebanyak 28,6 juta penduduk Inggris mengakses situ situ sepanjang Mei. Namun Facebook belum bisa mengalahkan Google yang berhasil merengkuh 33,7 juta pengunjung.

Akhir pekan lalu, Facebook dikabarkan telah memiliki pencapaian baru dengan merengkuh 750 juta pengguna aktif setiap bulannya. Ini jelas peningkatan yang sangat pesat, mengingat Mei lalu mereka 'baru' memiliki sekira 700 juta anggota.

Sebelumnya pada bulan Juli 2010, Facebook resmi mengumumkan bahwa jumlah pengguna mereka tembus angka 500 juta. Saat itu CEO Mark Zuckerberg sempat pesimistis perusahaannya akan mencapai satu miliar pengguna. Tapi melihat pertumbuhan yang cepat ini, angka 1 miliar bukan tidak mungkin menjadi kenyataan.

http://www.lihatberita.com/

Ikan di Sungai Brantas & Kali Surabaya Disensus


SURABAYA - Jangan salah, tidak hanya manusia saja yang disensus, ikan pun ternyata juga akan disensus. Bedanya jika penduduk disensus oleh Badan Pengelolaan Statistik (BPS), sementara ikan disensus relawan Ecological Observation and Wetlands Conservation, (ECOTON) Surabaya, Jawa Timur.

ECOTON Surabaya merupakan lembaga swadaya masyarakat yang memang dikenal menaruh perhatian yang sangat mendalam terhadap Kali Surabaya dan Kali Brantas.

Tidak semua ikan akan disensus oleh ECOTON. Namun hanya jenis ikan keting (Mystus Nigriceps) saja yang akan disensus oleh ECOTON. "Dengan sensus ikan ini ECOTON ingin melihat sekaligus memastikan terjadinya perubahan lingkungan, titik kerusakan yang terjadi dan dampaknya terhadap komunitas ikan," kata Prigi Arisandi, Direktur Ecoton, yang pernah meraih sebagai The Goldman Environmental Prize dari Amerika Serikat ini.

Sengaja dipilih ikan keting, karena ikan sudah ini sebenarnya sangat mudah beradaptasi dengan sungai yang tercemar. Dengan tiadanya ikan keting ini, maka bisa disimpulkan jika tingkat pencemarannya sudah mencapai tahap yang mengkhawatirkan.

Rencananya sensus ini akan dilakukan di Kali Surabaya dan Kali Brantas dengan melibatkan 20 relawan ECOTON dengan menggunakan 10 perahu. Titik sensus untuk Kali Suraabya akan dilakukan di Canggu, Mojokerto dan akan berakhir di Karangpilang, Surabaya. Sedangkan untuk Kali Brantas titik startnya akan dimulai dari Jembatan Mrican Kota Kediri.

http://news.okezone.com/

Banyak Rumah TKI Diteror dan Dijarah di Arab

JAKARTA – Kisah tragis para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi belum berakhir. Kali ini, banyak kediaman TKI di Arab yang diteror dan dijarah. Alasannya, segelintir warga Arab geram melihat kecaman yang dilakukan rakyat Indonesia.

“Demo keras menentang Arab di Indonesia yang dilakukan secara berlebihan sangat berdampak buruk bagi kami di sini. Banyak rumah sahabat kami yang diteror dan barangnya dijarah,” kata seorang TKI di Jeddah bernama Rasin Darsifan kepada okezone, Senin (4/7/2011).

Menurut dia, saat ini banyak TKI yang tertekan di Arab Saudi. Terlebih mereka yang pergi dengan cara ilegal. Sebab, para TKI ilegal tidak bisa melaporkan hal tersebut kepada polisi karena khawatir akan balik disalahkan soal legalitas.

“Kejadian ini sudah diberitakan sejumlah media massa di Arab. Saya minta mereka yang tak tahu kondisi kami di sini tolong jangan memperburuk suasana,” pinta TKI asal Indramayu ini.

Selain itu, Rasin juga meminta kepada pemerintah untuk memperhatikan kondisi TKI ilegal di Arab Saudi. Dia berharap, para TKI ilegal tersebut dapat dibawa pulang ke Tanah Air dan diberikan pekerjaan yang layak.

“Saya ingin sekali bertemu Satgas TKI yang dibentuk Presiden, tapi rasanya sulit sekali. Saya minta mereka yang vokal di televisi agar bisa menahan diri, kasihanilah nasib kami di sini,” tukas pria yang sudah bekerja di tempat hiburan ini selama 18 tahun ini.

http://news.okezone.com/

Profil Singkat Dai Sejuta Umat

JAKARTA - Kiai kondang dengan julukan "Dai Sejuta Umat" telah meninggal dunia. Nama KH Zainuddin MZ atau Zainuddin Muhammad Zein, seorang seorang pemuka agama Islam di Indonesia yang populer melalui ceramah-ceramahnya yang dapat menyentuh semua lapisan masyarakat.
Zainuddin tutup usia di umurnya ke-60. Lahir di Jakarta sebagai anak tunggal buah cinta pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli. Masyarakat mulai mengenal ceramah-ceramahnya melalui kaset yang didengar berbagai lapisan kalangan. Kebiasaannya membanyol dan mendongeng sejak kecil terus berkembang hingga mengantarkannya menjadi Dai Sejuta Umat.

Sejak kecil Zainudin sering berpidato saat masuk Madrasah Tsanawiyah hingga tamat Aliyah di Darul Ma’arif, Jakarta.

Zainuddin sempat berkecimpung di dunia politik pada 1977. Dia pernah bergabung di partai berlambang Kabah (PPP). Kemudian juga pernah menjadi Ketua Umum Partai Bintang Reformasi. Alumni IAIN Sarif Hidayatullah menyandang gelar doktor honoris causa dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Berikut profil Zainuddin:

Nama : KH Zainuddin Muhammad Zein (M.Z.)
Lahir : Jakarta, 2 Maret 1951
Agama: Islam

Istri :
Hj Kholilah

Putra Putri :
1. Fikri Haikal M.Z.
2. Lutfi M.Z.
3. Kiki M.Z.
4. Zaki M.Z.

Ayah: Turmudzi
Ibu: Zainabun

Karir
Pengurus aktif PPP,
Anggota dewan penasihat DPW DKI Jakarta.
Ketua umum PBR sampai tahun 2006.

Pendidikan
* S1 IAIN Syarif Hidayatullah
* Dr Hc Universitas Kebangsaan Malaysia

http://news.okezone.com/

Inilah Cita-Cita Zainuddin MZ yang Belum Tercapai

JAKARTA – Masyarakat, khususnya umat Islam saat ini tengah berduka karena KH Zainuddin MZ pergi menghadap Sang Khalik untuk selamanya.

Semasa hidupnya, Zainuddin dikategorikan sebagai penceramah nomor wahid di Tanah Air. Namun percaya atau tidak, di balik kesuksesannya sebagai mubaligh, Zainuddin memiliki cita-cita yang hingga kini belum terlaksana. Apakah itu?

“Bapak sangat ingin sekali memiliki pesantren. Karena itu, Bapak ingin dimakamkan di Masjid Fajrul Islam dengan harapan di tempat tersebut akan berdiri pesantren,” kata putra sulung Zainuddin, Fikri Haikal, di rumah duka di bilangan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2011).

Namun, kata dia, keinginan Zainuddin untuk memiliki pesantren belum bisa terwujud. Pasalnya, membuat pesantren tidaklah mudah dan cukup banyak kebutuhannya. “Bapak bilang kalau membuat pesantren itu tidak semudah membalik telapak tangan,” tandas Fikri.

Kepergian dai sejuta umat ini sangat membuat Fikri terpukul. Terlebih firasat itu muncul setelah dia menggantikan Zainuddin berceramah di Blitar, Jawa Timur, pada Senin malam. Tak disangka, saat itulah akhir pertemuan bapak dan anak tersebut.

Sebagaimana diketahui, Zainuddin MZ wafat di umur 60 tahun. Almarhum lahir di Jakarta sebagai anak tunggal buah cinta pasangan Turmudzi dan Zainabun dari keluarga Betawi asli.

Zainuddin meninggal dunia pagi tadi sekira pukul 09.20 WIB di RSP Pertamina akibat sakit jantung dan gula darah. Mantan politikus PPP ini pergi meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.


http://news.okezone.com/


BlackBerry Bertabur Berlian Dijual Rp 223 Juta

Beberapa desainer sengaja memperrmak penampilan smartphone untuk menambah nilai jual. Dan yang biasa dipilih adalah bahan perhiasan sehingga harganya pun selangit.

Tengok saja BlackBerry seri 9780 ini. Harganya jauh di luar kewajaran banderol BlackBerry pada umumnya, yakni USD 26 ribu atau sekitar Rp 223 juta.

Memang ada yang berbeda dari handset ini. Sekujur tubuhnya dihiasi dengan emas dan berlian sehingga melonjakkan harga jualnya secara signifikan. Berlian yang disematkan sejumlah 1400 butir.

Handset BlackBerry ini didesain oleh Alexander Amosu yang berbasis di London. Dikutip detikINET dari Businessinsider, Selasa (28/6/2011), dia memang seorang entrepreneur yang mencari nafkah dengan menjual handset mewah.

Amosu sudah mendesain beberapa perangkat ponsel lainnya, termasuk iPhone 4. Ia yakin konsumen yang berkantong tebal tidak ragu untuk membeli ponsel eksklusif desainnya.
lintasberita.com

Kota Misterius Muncul di Atas Sungai China

Pemandangan menakjubkan muncul di China pada awal bulan ini. Sebuah kota misterius muncul di atas Sungai Xin'an.

Kota misterius itu muncul di langit Cina Timur setelah hujan deras. Saat itu, kondisi lembab menutupi Sungai Xin'an.

Kota misterius itu terlihat seperti pemandangan kota lainnya. Tampak gedung pencakar langit, beberapa gunung dan sedikit pohon-pohon.

Pemandangan itu terlihat oleh warga di Kota Huanshan. Muncul beragam spekulasi dari mereka, diantaranya menganggap tempat itu merupakan 'pusara' dari 'peradaban yang hilang'.

"Ini benar-benar luar biasa, terlihat seperti sebuah adegan di film, di negeri dongeng," kata seorang warga kepada saluran berita Inggris, ITN sebagaimana dimuat laman foxnews.com, 27 Juni 2011.

Namun, semua itu ternyata tak nyata alias fatamorgana. Para ilmuwan telah membatalkan teori 'pusara' dan 'peradaban yang hilang'.

Para ahli percaya pemandangan itu mungkin hanya sebuah fatamorgana yang disebabkan ketika kelembaban di udara yang menjadi lebih hangat dari suhu air di bawahnya.

Ketika sinar matahari melewati udara dingin ke udara hangat, cahaya itu dibiaskan atau belokan. Sehingga menciptakan sebuah bayangan di udara yang terlihat mirip dengan sebuah bayangan di air.

Refleksi itu merupakan pemandangan umum bagi banyak wisatawan yang berkunjung di daerah basah. (umi)
lihatberita.com

Solusi Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah suatu proses dimana suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga dapat menimbulkan kantung nanah. Jerawat merupakan penyakit kulit khususnya bagian muka yang cukup besar jumlah penderitanya, khususnya kalangan remaja yang masih mengalami masa puber. Jerawat merupakan penyakit kulit yang tidak satu orang pun di dunia ini yang melewati hidupnya tanpa berjerawat. Biasanya Jerawat dipengaruhi dari hormon dalam tubuh.

Jerawat tidak selalu disebabkan karena faktor kotor, tetapi bisa juga dari faktor produksi hormon di dalam tubuh. Hormon atau kelenjar minyak yang berlebih bercampur dengan sel kulit mati adalah proses terjadinya jerawat. Biasanya para wanita sangat membenci akan hal ini karena dapat mengurangi aura kecantikannnya atau Inner Beauty.

Untuk mengatasi masalah Jerawat yang tidak kunjung hilang, bisa saja dilakukan. Namun, sebenarnya apabila kita bisa mengatur makanan yang kita makan sehari-hari sebenarnya bisa saja kita menghilangkan jerawat tersebut. salah satunya adalah menghindari makanan yang banyak mengandung susu,dan makanan yang manis-manis. Selain membuat tubuh gemuk makanan ini juga mengandung zat yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Konsumsilah makanan yang mengandung protein dan mineral yang seimbang, selain itu perbanyaklah minum air putih, Tubuh akan sehat, kuat dan cantik. Ada beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. seperti ketimun, sayuran-sayuran yang berwarna orange (wortel, ubi, yang kaya vitamin), tiram, dan yoghurt.

Tapi perlu di ingat, selain perawatan dari dalam tubuh kita juga harus memperhatikan perawatan dari luar, seperti pengolesan krim obat jerawat, dan rajin mencuci muka setelah berpergian.(eko)
[http://www.lihatberita.com/]

Tata Surya Teraneh yang Pernah Ditemukan

Tim astronom yang salah satu anggotanya adalah Dr Gavin Ramsay dari Observatorium Armagh menemukan bukti adanya tata surya atau sistem keplanetan yang paling aneh. Dalam tata surya tersebut, dua planet raksasa mengitari bintang ganda bernama UZ For yang terdiri dari bintang katai merah dan katai putih.

Hasil observasi tim astronom itu dipublikasikan di jurnal Monthly Notices of Royal Astronomical Society dengan judul "Possible detection of two giant extrasolar planets orbiting the eclipsing polar UZ Fornacis". Jika kelak terbukti kebenarannya, maka tata surya itu akan menjadi tata surya baru yang paling aneh.

Dalam sistem bintang ganda, dua bintang yang berpasangan akan mengitari satu sama lain. Bintang katai merah dan katai putih pada sistem UZ For juga mengalami hal serupa, dengan waktu revolusi hanya beberapa jam. Karena bintang satu akan melewati muka bintang lain, dan demikian sebaliknya, maka beberapa gerhana akan terjadi.

Sama seperti gerhana Matahari dan Bulan, gerhana yang terjadi pada sistem keplanetan tersebut sebenarnya bisa diperkirakan. Namun, dalam observasi, para astronom menemukan fakta bahwa gerhana kadang terjadi terlalu dini atau terlalu terlambat. Akhirnya, astronom berpendapat, ada dua planet yang mengitari bintang ganda itu, membuat gerhana seolah dini atau terlambat.

Berdasarkan perhitungan, dua planet yang mengitari bintang ganda itu setidaknya memiliki massa masing-masing 6 dan 8 kali Jupiter. Sementara itu, waktu yang diperlukan oleh planet untuk melakukan satu revolusi masing-masing 5 dan 16 tahun. Sistem keplanetan ini terlalu jauh untuk secara langsung dicitrakan.

Sistem bintang ganda menjadikan planet dalam sistem tersebut sangat tidak bisa dihuni. Bintang katai putih secara terus-menerus mencuri material dari permukaan bintang katai merah sehingga material seolah mengalir di angkasa bak sungai. Material itu kemudian terpanaskan hingga jutaan Kelvin, membanjiri sistem keplanetan dengan sinar-X yang mematikan.

Dengan fakta itu, maka tak perlu berharap adanya planet yang memiliki kehidupan di dalam sistem tersebut. Observasi bintang ganda dan dua planet yang kemungkinan mengitarinya itu dilakukan dengan Southern African Large Telescop (SALT) dan data hasil observasi selama 27 tahun dari beberapa observatorium.
http://www.lihatberita.com/

Comment Please ..