10 Jul 2012

Bisakah Suara Bising Menghasilkan Energi Listrik..?

Sejauh ini ada 3 cara umum untuk menghasilkan energi listrik yang ramah lingkungan yaitu sinar matahari, angin, air dan gerakan (kinetik) tetapi sebentar lagi suara bising (noise) juga bisa menghasilkan energi listrik loh!! 4 mahasiswa dari American University of Sharjah sedang mengembangkan teknologi yang disebut piezoelectric yang memungkinkan sebuah energi dapat dihasilkan dari suara bising yang ada di sekitarnya.

Maksudnya disini bukan suara manusia yang sedang berbicara tetapi lebih ke sebuah suara yang dihasilkan dari banyak hal seperti suara dari orang yang menginjak lantai dan lainnya. Teknologi ini nantinya bisa saja digunakan untuk hal besar atau hal kecil seperti untuk isi ulang baterai di ponsel dan contohnya bisa ditaruh di dalam sol sepatu. 
Berapa besar energi listrik yang bisa dihasilkan tergantung dari anda sendiri, misalnya bila ditaruh di dalam sol sepatu, untuk menghasilkan energi yang besar, mungkin anda harus berlari kencang sehingga suara yang dihasilkan cukup kencang (berisik) sehingga energi yang didapat juga besar. 
PS:
Piezoelectric adalah semacam bahan/ material yang bisa menghasilkan energi listrik dari pergerakan atau getaran.

 
Sumber berita Satu dan Dua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....