15 Agu 2012

Melihat Orang Dibalik Tembok dengan Wifi...

By Otakku
Teknologi radar untuk melihat apa yang ada dibalik dinding (Through Wall Radar) bukanlah hal baru tetapi yang menggunakan sinyal Wi-Fi mungkin baru pernah kita dengar. University College London sedang membuat sebuah radar yang bisa melihat apa yang ada di balik dinding dengan memanfaatkan sinyal Wi-Fi yang ada.

Pemanfaatan sinyal Wi-Fi ini punya keuntungan dibandingkan penggunaan teknologi gelombang radio lainnya seperti membuat alat pendteksi jadi lebih ringan dan mudah dibawa. Di satu sisi kenapa menggunakan sinyal Wi-Fi karena hampir bisa dipastikan bahwa saat ini hampir semua rumah dan gedung pasti punya Wi-Fi Hotspot sehingga teknologi ini pasti bisa digunakan di hampir seluruh tempat.
Cara kerjanya sendiri memang tidak berbeda dengan yang lain yaitu sinyal Wi-Fi akan memantulkan gelombang radio yang berbeda terhadap objek yang bergerak (dikenal dengan sebutan Doppler Effect) dan kemudian akan mengkalkulasi sinyal yang ada sehingga bisa mengetahui dimana kira-kira orang di balik dinding tersebut berada.
Menurut si pembuat, radar dengan sinyal Wi-Fi ini dapat menditeksi seseorang di balik dinding yang punya ketebalan 30,5 cm.
 
Sumber berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....