12 Des 2012

Inilah Penemuan Kain Sel Penyimpan Tenaga Surya

Pakaian yang secara harfiah bisa menyalakan hidup Anda diperkenalkan pada Selasa oleh peneliti Jepang yang mengatakan kain sel surya akan membuat pemakainya mengumpulkan energi saat beraktivitas.

Kain baru tersebut terbuat dari sel surya setipis wafer yang ditenun bersama sehingga mampu membuat orang dapat mengisi ulang ponsel dan perangkat elektronik lainnya dengan jaket atau celana mereka.
Namun penciptanya mengakui masih ada yang harus diperbaiki sebelum memasarkan kain tersebut.
“Kami masih perlu memperbaiki beberapa hal sebelum komersialisasi, seperti pelapisan untuk kabel konduktif dan meningkatkan daya tahan kain,” ujar pejabat di Industrial Technology Center di prefektur Fukui, Jepang.
“Tetapi kami sudah dihubungi oleh perusahaan elektronik, non-perusahaan, dan lainnya yang menunjukkan ketertarikan dalam penemuan kami.”
Pusat tersebut mengembangkan kain dengan perusahaan sel surya di Kyoto dan perusahaan swasta lainnya, ujar pejabat setempat.
Generasi tenaga surya sedang menarik perhatian terbaru di Jepang saat negara tersebut mencari sumber energi alternatif setelah krisis atom yang diakibatkan oleh tsunami tahun lalu, yang merupakan kecelakaan nuklir terburuk dalam satu generasi. (ac/ik)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....