9 Jan 2013

Awaas Waspadai Penyebab Kanker Tenggorokan !

Kanker Tenggorokan
Kanker tenggorokan adalah sejenis kanker leher dan kepala yang muncul di tenggorokan. Tenggorokan (faring) adalah selang sepanjang lima inci yang memanjang dari hidung ke leher. Biasanya kanker tenggorokan muncul pada saluran tersebut atau pada kotak pita suara.
Dr Anil Heroor, seorang onkolog dari Fortis Hospital, Mulund menjabarkan beberapa hal yang menjadi penyebab kanker tenggorokan, seperti dilansir oleh Health Me Up (08/01), berikut ini.
1. Produk rokok
Kanker tenggorokan berhubungan erat dengan kebiasaan merokok, seperti kanker kepala dan leher yang lebih banyak diderita oleh perokok dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Penggunaan rokok tanpa filter ditengarai juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan.
Semua hal yang berhubungan dengan rokok dan tembakau diketahui berkaitan dengan kanker tenggorokan, misalkan rokok biasa, rokok pipa, cerutu, dan lainnya. Tak hanya tenggorokan, rokok juga menyebabkan kanker pada bagian lain seperti paru-paru dan kandung kemih. Bahkan tembakau yang tidak dijadikan rokok, namun dikunyah, juga bisa menyebabkan kanker pipi, gusi, dan bibir.
2. Bahan industri
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asbes atau serat sintesis yang digunakan pada banyak industri dapat menyebabkan kanker tenggorokan dan munculnya sel kanker pada laring.
3. Human Papilloma Virus (HPV)
Infeksi yang disebabkan oleh virus HPV, penyebab penyakit menular seksual, juga mampu meningkatkan risiko kanker tenggorokan. Kanker yang disebabkan oleh virus HPV biasanya muncul di sekitar amandel atau di belakang lidah.
4. Refluks lambung kronis
Refluks lambung disebabkan adanya kebocoran asam dari lambung ke kerongkongan. Jika ini mencapai tahap kronis, maka refluks lambung atau GERD bisa meningkatkan risiko kanker tenggorokan.
5. Konsumsi alkohol
Hampir sepertiga pasien kanker tenggorokan memiliki kebiasaan minum alkohol. Risiko terkena kanker tenggorokan meningkat dengan penggunaan alkohol yang berlebihan. Menurut para ahli, alkohol memperburuk jaringan tenggorokan, begitu juga dengan merokok. Hal ini kemudian menyebabkan risiko kanker menjadi lebih besar.
Selain beberapa penyebab di atas, risiko kanker tenggorokan juga tinggi pada perokok pasif, orang yang terlalu sering terkena paparan bahan kimia, dan orang dengan kebersihan gigi yang buruk.
[kun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....