27 Feb 2013

Inilah Mobil Betenaga Kopi Tercepat di Dunia

Mobil pikap Bertenaga kopi buatan Inggris
Inggris membuat sebuah Ford P100 pikap menjadi pemegang rekor sebagai kendaraan bertenaga kopi tercepat di dunia. Benarkah?

Pria itu bernama Martin Bacon, ia dan timnya sebenarnya membuat dua model mobil bertenaga kopi lainnya lewat mobil VW Scirocco MK2 dan Rover SD1.
Namun Ford P100 bertenaga kopi yang dijuluki sebagai 'The Bean Machine' itu adalah pemegang rekor kecepatan resmi dengan kecepatan tertingginya mencapai 105 km/jam.
Menurut Bacon, mobil ini dijalankan dengan butiran pellet yang terbuat dari limbah kopi, demikian yang dilansir Jalopnik.
Butiran tersebut lalu dipanaskan di atas api arang di bagian pikap Ford yang mengubah kopi menjadi bahan karbon monoksida dan hidrogen, sehingga hidrogen dapat memberikan tenaga yang dibutuhkan pada mesin untuk menjalankan mobil.
Bacon memaparkan bahwa lebih dari 100 ribu kendaraan di Inggris menggunakan teknik gasifikasi serupa selama Perang Dunia II termasuk mobil dan bus. Ia juga mengatakan bahwa teknologi ini dapat diterapkan untuk jenis kendaraan apapun.
Di tengah situasi industri otomotif dunia yang sedang berlomba menciptakan kendaraan dengan beragam teknologi demi menghemat bahan bakar namun tetap mempertahankan performa, sepertinya teknologi ini perlu dicetuskan dan dikembangkan kembali sebagai bahan bakar alternatif lainnya.
Anda dapat mengetahui lebih jauh tentang pengembangan teknologi ini di situs resminya atau melihat videonya di tautan berikut. atau lihat video berikut ini :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....