27 Feb 2013

Inilah Pengetahuan Tentang Penyakit Sariawan

Gamabran Penyakit sariawan / Stomatitis
Stomatitis atau yang biasa kita sebut dengan sariawan merupakan penyakit yang sering datang dan juga menyerang sebagian orang pada segala usia. Penyakit seperti ini biasanya menimbulkan luka pada jaringan lunak di mulut, luka itu sendiri biasanya habis muncul satu muncul lagi.


Biasanya penyakit seperti ini kekurangan vitamin C maupun orang yang jarang menggosok gigi, oleh karena itu untuk mencegahnya anda bisa memakan sayuran dan buah seperti bayam, sayur sop, jeruk dan spirulina.

Penyebab sariawan biasanya diakibatkan dengan adanya jamur pada mulut dan saluran kerongkongan, jamur yang sekarang dikenal dengan nama Candida albicans bukanlah jamur yang aneh dan berbahaya.

Bahkan hampir disetiap inci di tubuh kita mengandung jamur tersebut dan termasuk di daerah mukosa mulut hingga alat kelamin tapi jamur ini tak menimbulkan keluhan yang sangat berarti.

Ada beberapa faktor yang menjadi resiko penyebab timbulnya stomatitis, antara lain:

1. Luka tergigit
2. Sering mengkonsumsi air dingin atau panas
3. Keadaan gigi pasien yang buruk
4. Orangtuanya menderita stomatitis aphtosa
5. Alergi terhadap jenis makanan
6. Kelainan pencernaan
7. Kebiasaan merokok
8. Kekurangan vitamin C
9. Kekurangan vitamin B
10. Kekurangan vitamin Zat Besi.

Biasanya gejala tersebut berupa rasa panas atau terbakar yang terjadi satu maupun dua hari yang kemudian dapat menimbulkan luka (ulser) di rongga mulut. Luka yang ditimbulkan dari sariawan ini sedikit kaku dan sangat peka setiap ada gerakan pada lidah.****sip>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....