1 Des 2013

Inilah Manffat Singkong Yang belum Kita Ketahui

Menurut testimoni ini bahwa Gita Wirjawan mengaku tak lagi makan nasi putih. Ia mengganti asupan karbohidratnya dengan singkong dan beras merah. Rutin makan singkong, Gita pun merasa kini tubuhnya lebih sehat dan bugar.

Menurutnya, singkong adalah salah satu makanan alternatif pengganti nasi yang memiliki banyak manfaat. Singkong bisa menjadi solusi masalah berat badan.

"Sebelas kilo turun," kata Gita yang sudah mengonsumsi singkong sejak 2012. Demikian dikutip dari buku Gita Wirjawan, Sebuah Perjalanan, terbitan Perahu.

Setiap pagi, Gita biasa sarapan singkong atau ubi. Siang harinya, diupayakan tanpa nasi. Sebagai gantinya, Gita memilih menyantap nasi merah.

Setelah terbiasa mengonsumsi singkong, Gita merasa tubuhnya lebih sehat. Berat badannya yang tadinya berlebih kini menjadi ideal.

"Hasil tes darah dan kolesterol, semua berada di bawah batas yang semestinya. Memang awalnya tak gampang, namun saya paksa dan akhirnya terbiasa," lanjutnya.

Singkong memang merupakan makanan yang kaya akan manfaat. Berikut manfaat singkong seperti dikutip dari www.gen22.net.

1. Sumber Karbohidrat
Dilansir dari Nutrition and You, singkong memiliki jumlah kalori dua kali lipat dibandingkan kentang. Maka tak salah jika singkong menjadi salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat. Dalam 100 gram singkong, mengandung 160 kalori, sebagian besar terdiri dari sukrosa.

2. Protein Tinggi
Singkong lebih rendah lemak dibandingkan sereal dan kacang-kacangan. Walaupun begitu, singkong memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan ubi, kentang dan pisang.

3. Vitamin KSingkong kaya akan vitamin K yang memiliki peran dalam membangun masa tulang. Sehingga konsumsi singkong dapat menurunkan risiko osteoporosis. Selain itu, vitamin K akan melindungi dan berperan penting dalam pengobatan pasien Alzheimer dengan membatasi kerusakan saraf di otak.

4. Vitamin B kompleks
Umbi yang lezat ini merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin seperti folates, thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam pertumbuhan tubuh dan memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

5. Mineral penting
Singkong merupakan sumber mineral yang penting bag tubuh, antara lain seng, magnesium, tembaga, besi, dan mangan. Selain itu, singkong memiliki jumlah kalium yang cukup sebagai komponen penting pembentukan sel tubuh dan mengatur tekanan darah.

Sebuah penelitian seperti dilansir Affleap menunjukkan manfaat singkong sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah.

6. Sumber Serat
Tidak hanya itu, singkong juga dapat menurunkan kadar trigliserida dan menjadi sumber serat yang bagus. Tak heran jika singkong dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, kanker usus besar dan membantu mengendalikan diabetes. Dengan catatan, singkong diolah dengan cara kukus atau rebus.
Singkong rebus lebih menyehatkan dari pada di goreng






Kandungan gizi singkong per 100 gram meliputi:


  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram.
[sip]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....