17 Des 2013

Inilah Tips Agar Makan Tidak Berlebihan

10-Kiat-Cegah-Overeating-dengan-Kekuatan-Pikiran
Rasa lapar hanya ada dalam pikiran Anda
Tahukah Anda bahwa gula, lemak, dan garam dapat “membajak” otak Anda sehingga membuat Anda makan berlebihan atau overeating. Bagaimana mencegahnya?
David Aaron Kessler, M.D., mantan komisioner Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) sekaligus pengarang buku “A Question of Intent” dan “The End of Overeating”, menyatakan bahwa industri makanan telah merancang iklan sedemikian rupa agar visualnya memengaruhi pikiran konsumen agar kecanduan makanan dan susah lepas dari pengaruh tersebut. Untuk mencegahnya, harus dilawan dengan kekuatan pikiran pula.
Berikut adalah 10 kiat untuk mencegah Anda makan berlebihan :
  1. Perhatikan baik-baik warna dan tekstur makanan Anda. Mood Anda akan menjadi lebih baik sehingga Anda tak akan merasa selapar sebelumnya. Rasa lapar hanya ada dalam pikiran Anda.
  2. Jika ada buah, maka makanlah separuh buah tersebut dulu sebelum Anda makan besar. Manisnya buah akan cukup memuaskan nafsu makan Anda sebelum makan besar. Kalorinya rendah namun mengenyangkan karena kandungan seratnya.
  3. Makanlah dengan sendok, garpu, atau pisau berukuran lebih kecil untuk memperlambat Anda makan. Jika ada sumpit maka akan lebih baik lagi. Gunakan piring yang lebih kecil pula agar porsi makanan Anda tampak lebih penuh.
  4. Makanlah bagian makanan yang paling enak dulu agar nafsu makan Anda lebih cepat puas dan tak perlu memakan habis bagian yang kurang enak. Ingat, perut Anda bukan tempat sampah.
  5. Atau, makanlah dulu bagian makanan yang paling alot dikunyah (misalnya daging). Makin lama makanan tersebut di mulut Anda, makin cepat puas pula nafsu makan Anda.
  6. Kunyahlah makanan dengan pelan-pelan dan rasakan baik-baik. Ingat, indera pengecap Anda adalah lidah, bukan perut. Semakin lama makanan di dalam mulut, semakin cepat rasa lapar Anda terpuaskan.
  7. Hitunglah sudah berapa suap Anda makan. Ingat bahwa semua yang Anda makan dari pagi hingga sebelum tidur masuk hitungan asupan kebutuhan kalori harian Anda.
  8. Jika Anda sudah merasa kenyang meski makanan belum habis, maka berhentilah makan. Yang sudah Anda habiskan itulah porsi makan Anda. Berikutnya, makanlah dalam porsi itu agar tak ada sisa terbuang percuma.
  9. Jika masih ingin ngemil, kudaplah kacang tanah sambil diselingi minum air putih atau air mineral. Anda akan kenyang lebih cepat tanpa harus menghabiskan sekantung penuh kacang kulit.
  10. Jika tiba-tiba Anda merasa lapar, segeralah minum air. Banyak orang salah mengira dirinya lapar padahal sebenarnya ia haus.
Ingat, rasa lapar hanya ada dalam pikiran Anda. Adalah kekuatan pikiran Anda yang akan mampu mengendalikan nafsu makan berlebihan. Selamat mencoba. (sip)***

1 komentar:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10%

    BalasHapus

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....