29 Jul 2012

10 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan di Bulan Puasa

Berikut adalah 10 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki diri dan menolong orang di sekitar Kita

Tak ada bulan lain selain bulan Ramadan yang bisa dilakukan untuk berbuat baik. Sama seperti orang Arab yang mengalami krisis identitas, kita telah menjauh dari Tuhan setiap harinya. Tetapi bulan ini adalah bulan pengampunan dan satu-satunya bulan dimana Anda bisa melakukan pertobatan. Berikut adalah 10 hal sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki diri dan menolong orang di sekitar Anda.
1. Berbicara dengan Tuhan
Daripada "BBM-an" dengan teman-teman Anda selama enam jam sehari, ayo kita coba mengobrol dengan Tuhan selama 10 menit. Bisa dalam bentuk berdoa atau hanya dengan bicara menurut bahasa nada. Cobalah dan Anda akan merasa lega. Dan terlebih lagi, tidak ada lagi pendengar yang lebih baik dan "curhat" Anda dijamin tidak akan tersebar kemana-mana.
2. Menolong sesama
Banyak orang di sekitar kita yang butuh pertolongan. Apakah itu seorang pria buta yang ingin menyebrang jalan atau ibu-ibu tua yang membawa belanjaan berat, setumpuk pekerjaan rumah ibu kita sendiri, atau seorang pengemis yang meminta sumbangan, berilah pertolongan. Sebab, Anda tidak akan pernah tahu kapan Anda akan butuh pertolongan.
3. Berbagi
Berbagi bukan hanya di Facebook. Berbagi makanan Anda dengan tetangga, memberikan tumpangan kepada seseorang yang butuh, berbagi waktu Anda menjadi sukarelawan di tempat penampungan, atau berbagi baju lama Anda kepada orang yang kurang mampu. Sampah bagi seseorang bisa jadi harta karun bagi orang lain. Ingat-ingat itu!
4. Membaca
Cobalah Anda baca Al-Quran empat lembar setiap sehabis shalat, dan di akhir Ramadan Anda akan menghabiskan seluruh halamannya. Ingatlah, yang lebih penting dari sekedar membaca Al-Quran adalah memahami dan menjalankan apa yang diperintahkan di dalamnya.
5. Senyum
Sebarkanlah cinta. Anda tidak tahu siapa yang sedang mengalami hari yang buruk dan menunggu untuk Anda hibur. Sebuah senyum kepada seseorang yang tidak Anda kenal (bukan senyum untuk menggoda) akan mencerahkan hari mereka.
6. Sumbangan
Sumbangan bukan hanya dalam bentuk uang. Anda bisa menyumbangkan waktu di penampungan atau panti asuhan untuk membantu anak-anak di sana. Anda paling tidak memiliki satu hal yang Anda kuasai yang bisa Anda ajarkan kepada orang lain. Anda juga bisa membantu menanam pohon buah di lingkungan, atau sekedar memuji petugas pembersih sampah tentang betapa pentingnya tugas mereka.
7. Beri makan seseorang
Bawa kurma di tas Anda dan bagikanlah kepada orang lain saat berbuka. Dalam skala yang lebih besar, coba membantu memasak makanan untuk dibagikan ke desa miskin di daerah Anda. Sangat baik untuk memberi makan seseorang pada bulan Ramadan, tetapi akan menjadi 10 kali lebih baik lagi jika Anda melakukannya sepanjang tahun.
8. Menjaga lisan
Sebenarnya hal ini berlaku sepanjang tahun. Jika Anda memiliki sesuatu yang baik untuk dikatakan terhadap seseorang katakanlah. Jika tidak ada maka diamlah.
9. Tahan kata-kata kotor
Buang kebiasaan mengeluarkan kata-kata kotor. Jangan karena Anda telah berbuka maka Anda bisa memaki-maki seseorang sampai sahur. Kata-Kata itu sangat kuat, gunakan kata-kata dengan benar.
10. Sebarkan artikel ini
Menyebarkan artikel ini atau artikel apapun yang membantu seseorang mengerti bahwa kelakuan baik itu sebaiknya dilakukan setahun penuh bukan hanya satu dari 12 bulan dalam setahun.
Cobalah berpikir lebih luas, mengobrolah dengan Tuhan, dan ciptakan kehidupan yang lebih baik untuk orang-orang sekitar Anda. Di akhir hari, Anda akan menuai apa yang Anda tanam.
Penulis: May Rostom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....