22 Jul 2012

Imuwan Temukan Kura-Kura Sebesar Mobil

Kelompok ahli paleontologi Carlos Jaramillo di Smithsonian Tropical Research Institute Panama dan rekan-rekannya di North Carolina State University dan Florida Museum of Natural History menemukan spesies baru dari fosil kura-kura yang hidup 60 juta tahun lalu. Fosil kura-kura terbesar di dunia ini ditemukan di barat laut Amerika Selatan.

Menurut mereka, saking besarnya kura-kura purba tersebut, sehingga seandainya ular terbesar di dunia, Titanoboa masih hidup pun, mungkin tidak bisa menelannya. Temuan tim yang dipublikasikan dalam Journal of Paleontology mengungkap ukuran reptil tersebut sebesar mobil pintar (smart car).

Puentemys mushaisaensis, merupakan spesies kura-kura air tawar terbesar yang pernah ditemukan. Dinamakan Puentemys mushaisaensis karena ditemukan di pit Puente La, sebuah Tambang Batubara Cerrejn, tempat yang terkenal temuan fosil lainnya termasuk Titanoboa.

Dengan panjang total lima kaki, Puentemys menambah bukti bagi ilmuwan setelah kepunahan dinosaurus, reptil tropis jauh lebih besar dari yang ada sekarang. Penemuan fosil ini menawarkan kesempatan untuk memahami asal usul keanekaragaman hayati tropis dalam 60 juta tahun terakhir dari sejarah bumi.(esy/jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....