Dalam proses seleksi melamar pekerjaan, wawancara
sering kali dianggap mudah. Namun dalam sesi wawancara beberapa orang
gagal mendapatkan pekerjaan yang didambakannya. Untuk itu sesi wawancara
harus dipersiapkan dengan sunguh-sungguh.
Berikut tips rahasia sukses wawancara saat melamar pekerjaan;
1. Berapa gaji yang Anda minta?
Jawab: Sebutkan
gaji yang besarnya realistis. Lihat mata pewawancara, sebutkan jumlah,
dan berhentilah bicara. Jangan bohong tentang gaji yang Anda terima di
kantor sebelumnya, bila Anda sudah bekerja. Bila Anda merasa bahwa gaji
Anda di kantor yang sekarang terlalu kecil, berikan penjelasan.
2. Apa kelebihan utama Anda?
Jawab: Pilih potensi
Anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Hindari
respons yang generik seperti pengakuan bahwa Anda pekerja keras. Lebih
baik, berikan respons berupa, “Saya selalu diperbudak daftar pekerjaan
yang saya buat sendiri. Sebab, saya tidak mau pulang sebelum pekerjaan
di kantor beres semua.”
3. Apa kekurangan Anda yang paling jelas?
Jawab:
Jangan bilang Anda seorang perfeksionis (menunjukkan bahwa Anda
sombong). Lebih baik, jujur saja dan sebutkan kelemahan yang kongkret.
Misalnya, Anda lemah menghitung di luar kepala, dan karenanya Anda
mengatasinya dengan membawa kalkulator. Tapi, kemudian, susul dengan
kelebihan Anda.
4. Di mana Anda melihat diri Anda lima tahun lagi?
Jawab:
Gambarkan posisi yang realistis. Kira-kira dua-tiga posisi di atas
posisi yang Anda lamar sekarang. Jangan sertakan cita-cita yang tak ada
hubungannya dengan lamaran pekerjaan Anda, misalnya, ingin jadi bintang
sinetron atau jadi novelis. Sebab, Anda akan tampak tidak fokus.
5. Mengapa Anda ingin meninggalkan kantor yang lama?
Jawab:
Jangan sampai mengemukakan hal yang negatif. Kalau kenyataannya begitu,
ucapkan dalam kalimat ‘positif’, misalnya bahwa Anda tidak melihat ada
‘ruang’ di mana Anda bisa berkembang. Lalu, jelaskan mengapa Anda
menganggap bahwa pekerjaan di kantor baru ini memberi kesempatan yang
lebih baik.
6. Adakah contoh kegagalan Anda?
Jawab: Ungkapkan
kegagalan yang pernah Anda alami, tapi yang sudah terpenuhi solusinya.
Supaya, pewawancara tahu bahwa Anda punya usaha untuk mengatasi masalah
7. Apakah Anda punya pertanyaan?
Jawab:
Berikan paling sedikit dua pertanyaan yang terfokus pada kantor baru
ini. Misalnya, Anda bertanya apakah kantor ini sudah punya website.
Atau, bisa juga Anda mempertanyakan kehadiran CEO yang Anda tahu baru
saja diangkat – apakah membuat kinerja perusahaan semakin baik, dan
semacamnya. Jangan bertanya tentang kepentingan Anda sendiri, misalnya,
apakah karir Anda akan berkembang di sana.
Apa yang menjadikan
seseorang selalu sukses untuk menggapai impiannya? Tampil beda dan
memiliki keunggulan komperatif mungkin salah satu yang menjadikan Anda
selalu berada di dalam posisi terdepan!
Termasuk dalam meraih
karier dan mengungguli orang lain dalam mencari pekerjaan yang sesuai.
Ada beberapa trik atau strategi yang perlu disiapkan agar Anda sukses
dalam melewati tahapan untuk mengejar karier yang diidam-idamkan.
Modal
nekat saja, pasti tak cukup.. Di sini juga anda bisa menemukan beberapa
lowongan kerja yang mungkin tak ada salahnya jika anda mencobanya.
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan Coretannya yang ditunggu untuk kebaikan bersama....